Berita

Kontak


Alamat :

Jl. Kihapit Barat No. 320 Leuwigajah

Telepon :

022-6674206

Email :

smpncimahi8@gmail.com

Website :

https://www.smpn8cimahi.sch.id/

Media Sosial :

Komposter Multifungsi



Film Pendek Siswa



Lomba Membaca Puisi



Vintage School



Nasyid



Profil Pelajar Pancasila



Lomba Pidato



MPLS SMP Negeri 8 Cimahi T.P. 2023-2024

Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMP Negeri 8 Cimahi Tahun Pelajaran 2023-2024, resmi dibuka oleh PLH Kepala Sekolah SMP Negeri 8  Cimahi Drs. Kusmana, pada hari Senin 10 Juli 2023,  bertempat di lapangan upacara SMP Negeri 8 Cimahi. Kegiatan MPLS berlangsung selama 4 hari yang dimulai dari hari Senin, 10 Juli 2023 sampai dengan Kamis, 13 Juli 2023.
Kegiatan MPLS diawali dengan kegiatan upacara bendera dan kemudian dilanjutkan dengan pembukaan kegiatan MPLS yang  secara resmi yang ditandai dengan penyematan secara simbolis tanda pengenal peserta MPLS yang diwakili oleh  dua orang peserta didik baru putra dan putri selanjutnya diikuti oleh peserta MPLS lainnya.



Dalam pelaksanaannya, MPLS di SMP Negeri8 Cimahi, mengacu kepada  Permendikbud No. 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Siswa Baru yang menggariskan berbagai aturan yang perlu dilaksanakan.

1. Mengutamakan Aspek Pendidikan dan Kebermanfaatan

MPLS harus memberikan pemahaman awal mengenai visi-misi, program, dan tata tertib sekolah. Selain itu, kegiatan MPLS juga harus mencakup aspek pembelajaran yang bermanfaat, edukatif, dan kreatif. Dalam MPLS tidak dibenarkan untuk menyuruh siswa menggunakan atribut-atribut yang tidak wajar dan melakukan aktivitas tidak bermanfaat yang tidak ada hubungannya dengan proses pembelajaran di sekolah. 

2. Menyenangkan Siswa Baru

MPLS harus dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi siswa baru sehingga bisa mewujudkan peserta didik yang memiliki semangat belajar, produktif, dan penuh rasa tanggung jawab.


3. Menanamkan Karakter Positif

Satuan pendidikan perlu mengadakan kegiatan MPLS yang dapat menumbuhkan akhlak dan karakter pada peserta didik baru. Hal tersebut juga berkaitan dengan penghormatan pada nilai-nilai kebersamaan, budaya, dan etika yang diterapkan oleh sekolah.

4. Mendorong Persamaan Hak

MPLS wajib mengedepankan kegiatan yang mengakomodasi kebutuhan semua siswa dengan memegang prinsip persamaan hak. Persamaan hak harus dijunjung tinggi dalam semua kegiatan MPLS


5. Menjunjung Tinggi Kesehatan dan Keselamatan

MPLS harus melibatkan aspek kesehatan dan keselamatan siswa. Segala upaya harus dilakukan untuk memastikan bahwa siswa berada dalam lingkungan yang sehat, aman, dan bebas dari risiko kecelakaan.

6. Mendorong Partisipasi Siswa Baru

Kegiatan MPLS harus mendorong partisipasi aktif dari siswa baru. Keterlibatan mereka dalam kegiatan MPLS akan membantu menciptakan ikatan yang kuat antar siswa dan warga sekolah lainnya.

7. Meniadakan Tindak Kekerasan

Dalam kegiatan MPLS pihak penyelenggara perlu memastikan bahwa kegiatan yang dilakukan jauh dari tindak kekerasan, perpeloncoan, dan perundungan (bullying) sehingga MPLS dapat meninggalkan kesan baik pada peserta didik. (Humas SMPN 8 Cimahi/2023)

Kalender


Juni 2024

Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb
1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30

Cari Artikel



Graduation



Proyek P5



Mars BNN



Berita



Artikel