Saran dan Kritik sampaikan ke email kami : admin@smpn8cimahi.sch.id & admin@smpn8cimahi.com

PENTAS SENI


5 Hal yang tidak mapu mencegah flu

Keadaan cuaca yang tak menentu akhir-akhir ini memang menempatkan seseorang dalam posisi rawan sakit. Flu, penyakit satu ini mungkin sudah sering menjadi langganan bagi masa berlibur Anda, dan segala usaha selalu dilakukan untuk menangkalnya.

Well, harus diakui beberapa usaha mungkin berhasil, namun ada juga yang gagal. Apa saja sih 5 usaha yang dipercaya banyak orang bisa menangkis flu, padahal kenyataannya tidak manjur sama sekali?


1. Vaksin

Vaksin mungkin membantu meminimkan, namun tak bisa 100% melawan virus influenza. Mengapa? Karena virus ini pandai bermutasi sehingga susah dikenali oleh imun tubuh.

2. Sabun antibakterial

Baik sakit maupun sehat, cuci tangan merupakan hal yang wajib dilakukan bila ingin tubuh tetap dalam kondisi sehat. Pasalnya, mengganti sabun biasa dengan antibakteri, atau menghabiskan waktu lebih lama dalam menggosok tangan, ternyata tak membawa perbedaan sedikitpun. Lagipula, flu itu bukan karena bakteri, melainkan virus. Jadi, tak perlu repot ganti sabun segala.

3. Menghindari cuaca dingin

Mendekam dalam rumah tiap kali cuaca memburuk tak menjamin seseorang pasti luput dari flu. Pasalnya, virus sendiri sebenarnya kurang bersahabat dengan cuaca dingin, sehingga mereka cenderung mencari tempat yang hangat untuk berkembang. Hal ini membuat rumah, kantor, dan area lain yang kering dan hangat menjadi tempat paling tepat untuk itu.

4. Olahraga dan diet

Banyak orang terkecoh saat berpikir bahwa olahraga dan diet tepat bisa membuat mereka tahan terhadap serangan flu. Hal yang perlu diluruskan di sini adalah bahwa tubuh kuat dan imun kuat, keduanya merupakan hal yang berbeda. Mengonsumsi makanan tepat dan berolahraga hanya memecahkan sebagian masalah, sisanya adalah tanggung jawab dari pola hidup yang dijalani.

5. Vitamin C

Beberapa penelitian membuktikan bahwa vitamin C dapat berinteraksi dengan molekul lemak sehingga menyebabkan sel bermutasi. Namun, banyak tes yang membuktikan sebaliknya. Peringatan datang untuk Anda yang hobi menelan suplemen vitamin C, sebab adalah lebih baik jika mengonsumsi sumber alaminya langsung, seperti jeruk, lemon, dan lain-lain yang memperkuat imun tubuh daripada menelan pil-pil non-alami