Saran dan Kritik sampaikan ke email kami : admin@smpn8cimahi.sch.id & admin@smpn8cimahi.com

PENTAS SENI


Program Peningkatan Mutu Kelas IX

Seiring bergulirnya waktu yang semakin mendekati Ujian Nasional, berbagai kegiatan peningkatan mutu lulusan di Kota Cimahi mulai dilaksanakan di sekolah-sekolah mulai dari tingkat Sekolah dasar (SD) sampai dengan Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK). Hal ini dilakukan dalam upaya mendongkrak nilai Ujian Nasional dari tahun sebelumnya sehingga nilai yang diraih oleh para siswa jauh lebih besar dan tingkat kelulusan lebih meningkat. Salah satu program peningkatan mutu lulusan diantaranya pelajaran tambahan atau pemantapan yang dilaksanakan oleh guru mata pelajaran yang di UN-kan seperti Matematika, IPA, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.

Di SMP Negeri 8 Cimahi, program peningkatan mutu sudah dilaksanakan mulai dari tahun ajaran baru 2011-2012 yang dilaksanakan setelah kegiatan belajar mengajar yaitu pukul 14.00 sampai dengan pukul 15.00. Hal ini dilaksanakan agar semua siswa jauh lebih siap menghadapi Ujian Nasional sehingga nilai yang dapatkan jauh lebih besar dari perolehan nilai tahun-tahun sebelumnya.Tingkat kehadiran siswa mengikuti pemantapan ini hampir 100 % karena sebelumnya pihak sekolah telah memberikan pengertian yang mendasar tentang pentingnya program pemantapan ini. Adapun materi yang disampaikan adalah pembahasan materi-materi yang ada hubungannya dengan Ujian Nasional.

Setelah dievaluasi dari hasil Try Out yang dilaksanakan setelah program ini berakhir, maka dianalisis bahwa siswa SMP Negeri 8 Cimahi siap untuk mengikuti Ujian Nsional yang akan dilaksanakan pada tanggal 23-26 April 2012 mendatang. hal ini dapat dijadikan acuan bahwa apapun jenis soal yang diberikan mereka mampu untuk mengerjakan sehingga nilai yang diperoleh sangat memuaskan.

Pada semester genap sekarang ini, program pemantapan yang akan dilaksanakan di SMP Negeri 8 Cimahi akan dimulai pada jam 0 atau jam 06.00-07.00 pagi. Hal ini biasa rutin dilaksanakan dengan tujuan agar siswa yang mengikuti program ini jauh lebih fresh dan lebih bersemangat mengikuti pemantapan. Oleh karena itu mulai tanggal 16 Januari 2012, para siswa kelas IX khususnya harus datang lebih awal ke sekolah untuk mengikuti pemantapan pagi. Program ini didukung oleh guru-guru mata pelajaran yang kompeten yang siap menghantarkan siswa menjadi lulusan yang berkualitas sehingga tidak ada lagi siswa yang mendapatkan nilai pas-pasan.

Program pemantapan pada pagi hari akan berakhir menjelang Ujian Nasional dan akan digantikan dengan program Intensif yang akan dilaksanakan mulai tanggal 9 April 2012 sampai dengan tanggal 20 April 2012. Pada program intensif ini, para siswa akan disuguhi oleh mata pelajaran yang di UN kan saja yaitu Matemataika, Bahasa Indonesia, bahasa Inggris dan IPA. Sedangkan waktu pelaksanaannya sesuai dengan jam pelajaran biasa mulai pukul 07.20-11.40 WIB.