Saran dan Kritik sampaikan ke email kami : admin@smpn8cimahi.sch.id & admin@smpn8cimahi.com

PENTAS SENI


Manfaat Sarapan Bagi Tubuh Kita

eperti halnya aktivitas makan di waktu yang lain baik makan siang maupun makan malam, sarapan di pagi hari tidak boleh kita lewatkan begitu saja. Karena dengan diawali sarapan pagi, kita dapat mempersiapkan stamina tubuh/Kesehatan Tubuh kita hingga dapat beraktivitas secara optimal sampai menjelang siang hari.

Sarapan pagi diperlukan untuk membekali tubuh kita dalam memberikan asupan zat gizi baik dari sumber karbohidrat serta Mencegah Penyakit. protein, lemak, vitamin maupun mineral. Untuk itu perlu diperhatikan mengenai bagaimana susunan sarapan pagi yang baik dari segi kuantitas maupun kualitasnya.

HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM SARAPAN PAGI

Beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam ritual sarapan pagi adalah :

a. Secara Kuantitas

Jumlah sarapan yang cukup dan seimbang zat gizinya dapat memenuhi kebutuhan tubuh selama 4 - 6 jam sebelum makan siang tiba. Jika tidak tubuh akan memperoleh energi dengan memecah/menguras cadangan gula yang tersimpan dalam hati hingga akhirnya kita akan merasa lelah/capek serta lemas karena tidak ada makanan yang masuk untuk membakar cadangan gula tersebut/Penyakit Tubuh. Jadi sarapan dengan jumlah nutrisi yang tepat bukan makan dengan porsi yang banyak asal kenyang tetapi kandungan nutrisi di dalamnya kurang memenuhi kebutuhan tubuh/Kesehatan Tubuh. Nggak lucu dong...kalau gara-gara sarapan pagi kita malah jadi ngantuk dan tidak bersemangat untuk bekerja.

b. Secara Kualitas

Kenapa sich harus ada semua dan harus seimbang ??
Hal ini karena tiap jenis zat gizi tersebut mempunyai waktu metabolisme yang berbeda-beda. Pemecahan/pembakaran karbohidrat akan berlangsung terlebih dahulu sampai 4 jam pertama, kemudian baru protein dan terakhir adalah lemak. Sedang vitamin dan mineral akan membantu proses metabolisme tersebut. Jadi sarapan harus merupakan kombinasi yang baik diantara zat gizi yang ada di dalam makanan. Lihat Pencegahan Penyakit dan Mengatasi Penyakit

BAGAIMANA ALUR MANFAAT SARAPAN UNTUK TUBUH KITA ??

Pada saat bangun pagi, tubuh masih menyimpan cadangan kecil gula darah (glukosa darah) dan apabila ada asupan yang masuk ke dalam tubuh, maka tubuh akan bereaksi untuk memecah asupan yang ada tersebut menjadi zat gizi (gula darah) untuk memenuhi kecukupan kalori pada aktifitas pagi hari sampai menjelang makan siang/Pencegahan Penyakit. Dengan adanya reaksi tubuh untuk mencerna makanan, maka tubuh akan tetap bermetabolisme dengan teratur. Apabila tidak ada asupan, tubuh akan mengambil cadangan gula pada hati sehingga menyebabkan hypoglycemia (produksi insulin yang berlebihan pada saat gula darah pada level yang rendah). Tidak adanya asupan juga menyebabkan metabolisme tubuh menjadi tidak teratur. Dengan sarapan pagi, gula darah dan kandungan insulin dapat terkontrol sehingga menyebabkan hormon tubuh terkontrol dengan baik serta Mencegah Penyakit

LALU MANFAAT SARAPAN PAGI ITU . . . . .
1. Untuk memelihara ketahanan tubuh.
2. Membantu memusatkan pikiran dalam belajar dan bekerja.

Sumber: nutrisari.co.id