Saran dan Kritik sampaikan ke email kami : admin@smpn8cimahi.sch.id & admin@smpn8cimahi.com

PENTAS SENI


Biogas Dan Pupuk Kompos Di SMP Negeri 8 Cimahi


Untuk lebih mendukung Program Sekolah Berbudaya Lingkungan dan untuk memanfaatkan bahan yang ada di sekolah, maka SMP Negeri 8 Cimahi membuat biogas yang berbahan baku dari kotoran sapi dan kemudian gas yang dihasilkan dapat digunakan untuk berbagai keperluan memasak di dapur sekolah. Pengelolaan Biogas dikelola oleh Ekstrakurikuler Karya Ilmiah Remaja (KIR) yang dibentuk untuk mengembangkan potensi anak dalam bidang ilmu pengetahuan dan tekhnologi serta dibimbing oleh para guru IPA yang berkompeten dibidangnya.

Biogas itu sendiri terletak di salah satu bagian sekolah yang dikemas oleh kantung plastik besar kemudian dialirkan melalui selang plastik ke dapur sekolah dan kemudian dimasukan ke dalam kompor gas dan bisa mengeluarkan api yang setara dengan gas LPG yang dijual di warung-warung.

Keunggulan lain yang dimiliki SMP Negeri 8 Cimahi selain biogas yaitu pembuatan pupuk kompos yang berbahan baku dari berbagai sampah organik yang dikumpulkan dari berbagai sudut sekolah. Sama dengan Biogas, pengelolaan dan pembuatan pupuk kompos dikelola oleh siswa di luar jam sekolah. Pupuk kompos yang diproduksi sendiri itu merupakan kebanggaan tersendiri karena mesin pembuatannya dimiliki oleh sekolah. Pupuk kompos yang dihasilkan digunakan oleh kalangan sendiri karena produksi pupuk belum dijual bebas ke masyarakat.

Kedua program tersebut merupakan salah satu kebanggan dan unggulan yang dimiliki oleh SMP Negeri 8 Cimahi guna mendukung Program Sekolah Berbudaya lingkungan. Lingkungan serta luas tanah yang cukup besar sangat mendukung SMP Negeri 8 Cimahi menjadi salah satu sekolah Adiwiyata yang merupakan penghargaan yang sangat berarti bagi pihak SMP Negeri 8 Cimahi. dibidang lingkungan hidup. Selain itu beberapa tahun terakhir SMP Negeri 8 Cimahi menjuarai berbagai kejuaran yang berhubungan dengan lingkungan hidup dan kesehatan yang diadakan tiap tahun oleh Pemerintah Kota Cimahi. SMP Negeri 8 Cimahi beberapa kali ditunjuk sebagai wakil Kota Cimahi untuk maju ke tingkat Wilayah dan Propinsi dalam mengikuti Lomba Sekolah Sehat dan Adiwiyata.